Panduan Memulai Firebase Android

firebase

Pada artikel pertama saya, akan membuat panduan awal untuk menggunakan firebase untuk mengembangkan aplikasi android. Sebelum mengarah lebih jauh saya akan sedikit menjelaskan apa itu firebase. Firebase adalah produknya google yang memudahkan para developer ketika membuat aplikasi, karena developer tidak perlu memusingkan backend. Kita tinggal pakai backend yang dibuat oleh google. Jadi anda tidak perlu pusing bagaimana otentikasi pengguna (mendaftar dan login ke aplikasi), sinkronisasi data ke pengguna, dan lain-lain. Layanan semacam ini biasanya disebut Backend as a Service (BaaS). Dan layanan ini bisa dikatakan sepenuhnya gratis walaupun ada yang bayar jika butuh hal yang lebih. Yah masih mending daripada dibatasi hanya bisa menggunakan 15 atau 30 hari saja.

Apa saja syarat awal menggunakan firebase? berikut syaratnya :

  • Smartphone minimal android 2.3 (gingerbread) atau lebih tinggi
  • Google Play Service 9.6.1 (jika anda menggunakan firebase versi 9.6.1)
  • Google Repository dari SDK Manager
  • Android Studio 1.5 atau lebih baru (saran saya gunakan Android Studio minimal versi 2.2)

Menambahkan firebase ke aplikasi :

Untuk menambahkan firebase ke aplikasi anda, dibutuhkan firebase project dan file konfigurasi firebase untuk aplikasi anda. Ada dua cara menambahkan, pertama cara manual, dan kedua melalui Android Studio secara langsung. Namun cara kedua hanya dapat digunakan jika anda menggunakan Android Studio minimal versi 2.2.

Untuk cara manual anda dapat mengunjungi dokumentasi firebase atau firebase docs. Dan untuk cara mudahnya anda dapat mengikuti tutorial ini. Perlu diingat, untuk menggunakan cara mudah anda harus sudah menggunakan Android Studio versi 2.2.

Untuk sementara anda dapat melihat dan mendownload tutorial secara detail pada halaman ini.

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: