Apa itu Progressive Web Apps (PWA)?

pwa-intro

Apakah anda sudah pernah mendengar Progressive Web Apps (PWA)? atau bahkan baru pertama kalinya anda mendengar PWA? terus apa sih itu PWA?

Progressive Web Apps (PWA) adalah situs web yang didesain layaknya sebuah aplikasi mobile yang dikembangan oleh Google. PWA berbeda dengan aplikasi hybrid, karena ketika anda menggunakan aplikasi hybrid, anda masih harus menginstall aplikasi tersebut ke dalam smartphone anda, sedangkan PWA hanyalah situs web biasa yang diakses menggunakan web browser (saat ini hanya mendukung Chrome untuk smartphone minimal versi 47). Jadi tidak perlu menginstall web yang sudah menggunakan PWA, anda hanya perlu memasang ikon website PWA di homescreen, untuk memudahkan membuka website-nya. Kalau disamakan dengan desktop, seperti shortcut untuk membuka halaman web.

Beberapa kelebihan Progressive Web Apps diantaranya :

  • Handal

Ketika aplikasi web dengan PWA dibuka melalui homescreen, service worker mengaktifkan Progressive Web Apps dengan memuatnya secara langsung, walaupun jaringan internet anda sedang tidak aktif. Jadi, walaupun anda offline tetap bisa membuka website yang sudah menggunakan PWA.

Service Worker itu seperti proxy yang ada di sisi klien yang ditulis dengan JavaScript. Agar service worker bekerja, pertama kali anda harus membuka situs web terlebih dahulu agar service worker dalam melakukan cache terhadap asset-asset yang ada, sehingga ketika anda offline, dapat tetap membuka situs web tersebut.

  • Cepat

Merespon dengan cepat untuk interaksi pengguna dengan animasi halus dan  tidak lambat ketika digeser.

53% pengguna situs web akan meninggalkan situs web yang mereka akses jika proses memuat halaman situs web lebih dari 3 detik. Dengan PWA itu tidak berlaku, karena PWA dapat digunakan secara offline pula.

  • Menarik

Progressive Web Apps dapat dipasang di homescreen dan tidak memerlukan toko aplikasi (apps store/play store). PWA menawarkan fitur layar penuh ketika PWA sudah dipasang di homescreen dengan bantuan web app manifest, sehingga persis seperti aplikasi native maupun hybrid dan bahkan dapat menggunakan fitur web push notifications.

Web App Manifest memungkinkan Anda untuk mengontrol bagaimana aplikasi Anda muncul dan bagaimana hal itu diluncurkan. Anda dapat menentukan ikon untuk layar awal dan splash screen yang ditampilkan saat aplikasi sedang loading. Halaman mana yang dimuat ketika aplikasi diluncurkan, orientasi layar, bahkan apakah akan menampilkan browser chrome atau tidak.

Kenapa Membangun dengan Progressive Web Apps?

Membangun PWA yang berkualitas tinggi memiliki manfaat yang luar biasa, sehingga mudah untuk menyenangkan pengguna Anda, meningkatkan keterlibatan dan meningkatkan konversi.

  • Layak berada di homescreen

Ketika kriteria PWA terpenuhi, Chrome meminta pengguna menambahkan ikon PWA ke homescreen mereka.

  • Bekerja sangat handal, tidak peduli kondisi jaringan

Service worker mengaktifkan Konga untuk mengirim 63% lebih sedikit data untuk beban halaman awal, dan 84% lebih sedikit data untuk menyelesaikan transaksi pertama!

  • Meningkatkan keterlibatan

Web push notifications membantu eXtra Electronics (online store) untuk meningkatkan 4X keterlibatan. Dan pengguna menghabiskan 2x lebih banyak untuk mengunjungi situs.

  • Meningkatkan konversi

Kemampuan untuk memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa membantu AliExpress meningkatkan konversi bagi pengguna baru di semua browser dengan 104% dan peningkatan 82% untuk konversi iOS.

Lighthouse

Untuk memverifikasi situs web anda memenuhi kriteria Progressive Web Apps diperlukan banyak pengujian secara manual. Dengan adanya tool lighthouse dapat mempercepat pengujian tersebut. Untuk lebih lengkapnya bagaimana menggunakan tool lighthouse, anda dapat mengunjungi link berikut https://developers.google.com/web/tools/lighthouse/

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: